Post Page Advertisement [Top]


Di dalam sebuah komputer terdapat beberapa komponen yang signifikan. Di mana tiap-tiap komponen tersebut mempunyai tugas penting sesuai dengan peranannya. Di antaranya adalah, Prosesor, RAM, GPU, Hard disk, dll. Komponen-komponen tersebut secara fisik dapat kita pasang atau ganti (upgrade) secara terpisah untuk menyesuaikan kebutuhan kita.
Di dalam smartphone juga terdapat Prosesor, RAM, GPU, Memory, dll. Hanya saja seluruh komponen tersebut tergabung di dalam satu chip yang ukurannya sama bahkan lebih kecil dari prosesor komputer. Nah itulah yang dinamakan SoC, singkatan dari System on Chip. Yakni sebuah sirkuit elektronik yang didesain untuk menampung beberapa komponen krusial sekaligus seperti Prosesor, RAM, dan GPU. SoC itu sendiri didesign sedemikian rupa agar smartphone bisa melakukan tugas layaknya sebuah komputer.
Perlu diingat bahwa smartphone maupun tablet adalah peranti mobile yang membutuhkan daya dari baterai. Artinya semua komponen yang ada di dalamnya mengambil tenaga dari baterai. Oleh karena itu, produsen sebisa mungkin harus menggunakan komponen yang hemat daya. Dengan cara memproduksi chip dengan jumlah transistor yang tidak terlalu banyak. Sehingga ukurannya pun menjadi lebih kecil, sekaligus meminimalisir panas yang dikeluarkan.

Jangan salah. Walaupun komponen dalam SoC tidak sekuat dibanding dengan komponen pada komputer desktop. Tapi bukan berarti performanya jelek. Bahkan smartphone mid-end dan high-end bisa memberikan performa yang fantastis. Dan itu semua karena CPU pada smartphone menggunakan arsitektur ARM

Prosesor ARM sendiri adalah salah satu jenis prosesor yang  dengan pemangkasan pada set instruksi-nya. Artinya prosesor tersebut secara fisik lebih kecil karena transistor yang dibutuhkan lebih sedikit. Namun memungkinkan untuk beroperasi dengan kecepatan tinggi. Dan karena ukurannya kecil, maka bisa menghemat penggunaan daya. 

Tak hanya digunakan pada smartphone dan tablet. Prosesor ARM juga banyak ditemukan pada perangkat mobile lainya, seperti smartwatch, multimedia player, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib