Post Page Advertisement [Top]

Tutorial ini hanya untuk PC atau laptop.

Memotong video ternyata tidaklah serumit yang kita cemaskan. Tapi ya gak gampang gampang amat. Makannya saya nulis tutorial ini biar pembaca sedikit tercerahkan. Kok sedikit? Kalo mau jago ya ambil kelas editing boss. Langsung aja.

Download dulu softwarenya. Santai aja bos, ukuran filenya kecil kok.

Avidemux 64bit untuk OS 64bit

Silahkan kunjungi link berikut jika link di atas bermasalah. Klik Disini.

Segera lakukan instalasi. Untuk proses instalasinya cukup mudah. Dan saya rasa tidak perlu untuk merinci step-by-step. Cukup next-next aja.

Kemudian jalankan.



Avidemux adalah software video editing yang didesign untuk melakukan editing ringan seperti cutting, encoding, filtering. Mensupport beragam format video. Software ini tersedia untuk Linux, BSD, Mac OS, dan Windows tanpa dipungut biaya, alias gratis, dengan lisensi GNU GPL.

Buka file video yang hendak dipotong. 
File > Open > silahkan cari filenya.
Atau kita bisa lakukan drag and drop file videonya ke jendela Avidemux.



Setelah video termuat. Langkah selanjutnya, menentukan bagian video yang hendak kita potong dengan cara menggeser keyframe.


Selanjutnya kita tentukan Marker awal dengan mengeklik tombol "Set Start Marker". Atau gunakan shorcut keyboard [CTRL+PGUP].


Setelah Marker awal kita tentukan, selanjutnya kita geser keyframe-nya lagi untuk menentukan bagian akhir dari video yang akan kita potong.


Jika bagian akhir dari video yang akan dipotong sudah ditentukan. Selanjutnya kita mengeklik tombol "Set End Marker". Seperti di bawah ini. Atau dengan memencet shortcut pada keyboard [CTRL+PGDOWN].

Sampai disini editan sudah siap untuk disimpan. Tapi jangan tergesa-gesa dulu ya boss. Kita tentukan dulu format video-nya. Untuk mempercepat kita pilih format MP4. Karena format ini juga bisa diputar di HP android.
Klik drop-down pada "Output Format", lalu pilih "MP4 Muxer".

Langsung save saja.


Bagaimana boss, gampang dan mudah bukan?



No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib