Post Page Advertisement [Top]


Ketika kita mengakses sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan menyimpan data pada memori. Data itu akan digunakan kembali jika kita membuka aplikasi tersebut. Itulah yang dinamakan "cache". Fungsinya tak lain adalah guna mempercepat akses terhadap aplikasi itu sendiri.

Sebagai contoh, saya membuka aplikasi WhatsApp. Disitu ada pesan suara, pesan gambar, bahkan video. Semakin lama saya menggunakan WhatsApp, maka file-file tadi bertambah banyak. Yang tadinya hanya puluhan MB, sekarang bertambah hingga 2 GB. Karena setiap hari pesan yang saya terima semakin banyak.

Itu contoh kecil saja. Karena semua aplikasi pasti menyimpan cache. Dan aplikasi seperti Facebook, Chrome, Instagram, Twitter, YouTube adalah aplikasi yang menyimpan cache paling banyak.

Logikanya, cache bertambah banyak karena setiap hari kita menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Dan semakin banyak cache yang tersimpan, maka semakin besar pula memori yang terpakai. Keadaan seperti ini akan membuat smartphone kita terasa lambat jika kita membiarkannya berlarut-larut. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menghapus cache secara berkala. Jangan sampai kita kehabisan ruang memori di saat yang penting. 


Ada beberapa cara untuk menghapus cache. Kita bisa menghapusnya secara manual atau dengan bantuan aplikasi lain.

Menghapus Cache Secara Manual

1. Buka Setting, lalu pilih "Apps"
2. Pilih aplikasi yang akan kita bersihkan cache-nya. 
3. Pilih "Storage".
4. Lalu pilih "Clear Cache"

Ulangi langkah-langkah di atas untuk aplikasi lain.

Menghapus Cache Dengan Bantuan Cleaner

Kalau tidak mau ribet, kita bisa pakai aplikasi cleaner. Hampir di setiap smartphone mempunyai cleaner bawaan.
Penggunaannya cukup simpel. Kita hanya perlu buka aplikasinya saja kemudian pilih "Clear Cache". 

Tapi jika smartphone anda tidak mempunyai cleaner, anda bisa mendownloadnya di Play Store. Ada banyak aplikasi cleaner di sana. Biar tidak bingung download saja "CCleaner". Kebetulan saya sendiri memakainya. Ukurannya cukup kecil kok. Gratis pula.

Download: CCleaner.

Tambahan Khusus Untuk WhatsApp

Ada sebagian cleaner yang tidak bisa menghapus cache WhatsApp secara otomatis. Kita bisa menghapus file-file tersebut secara manual dengan bantuan file manager. 

Tapi jika anda sudah mendownload CCleaner, maka anda tidak perlu khawatr lagi. Sebab CCleaner bisa mendeteksi cache WhatsApp secara otomatis. Anda hanya cukup mencentangnya ketika CCleaner melakukan. Scanning.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib