Post Page Advertisement [Top]


Jika anda bertanya bagian manakah pada sebuah komputer yang paling berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri? Tanpa ragu lagi, jawabanya adalah kecepatan sebuah processor. Processor adalah otak dalam komputer dan memilih sebuah processor yang cepat berpengaruh besar terhadap kecepatan processor itu sendiri. Jika anda penasaran tentang processor apakah yang paling baik di pasaran sekarang ini, maka artikel ini akan menjawab pertanyaan anda. 


Sebelum saya menyuguhkan pada anda sebuah chip yang bisa disebut sebagai processor terbaik untuk desktop atau laptop, marilah kita menganalisa fitur-fitur sebuah processor yang membuatnya layak menyandang predikat terbaik di pasaran. 

Processor Yang Bisa Dikatakan Terbaik
Fitur apakah yang membuat sebuah processor itu bisa dikatakan bagus di pasaran? Perkenankanlah saya menjawab pertanyaan ini. Salah satu tolak ukur untuk mengukur kecepatan kinerja sebuah chip adalah Clocking Frequency. Semakin tinggi clocking frequency sebuah chip maka semakin cepat pula prosesnya. Hal-hal lain yang mempengaruhi kecepatan sebuah processor adalah jumlah Core dan jumlah Thread. Semakin banyak jumlah core berarti makin banyak pula transistor yang dimiliki dan itu berarti semakin besar pula tenaga untuk memproses. Sebagaimana perbedaan Quad Core dan Dual Core, tentu saja jumlah core sangat berpengaruh terhadap kecepatan proses. Pengembangan teknologi Hyperthreading telah memungkinkan sebuah software untuk memanfaatkan banyak core secara serentak untuk mengalikan kecepatan prosesnya.

Semakin banyak jumlah thread, semakin baik pula kemampuan sebuah chip untuk melakukan multitasking. Hal yang berpengaruh lainya adalah besar kecilnya L2 dan L3 cache. Jika anda penasaran apa sih cache processor itu? Cache yang dimiliki sebuah processor adalah memory kerja sebuah processor dimana sejumlah bit penting tersimpan, sehingga dapat diakses kembali dengan mudah. Semakin besar jumlah cache tersebut, semakin cepat pula kinerja processor. Tak kalah penting, jika sebuah processor telah terintegrasi dengan GPU, bukan Gosok Pijat Urut ya, tapi Graphical Processing Unit terpisah, maka kinerja graphic sebuah komputer akan meningkat tajam. Dan yang  paling penting adalah sebuah teknologi yang dapat memadukan semua performa seluruh core sehingga menciptakan kinerja yang sempurna.

Dewasa ini ada dua produsen processor yang merajai pasar, Intel dan AMD.

Membeli Processor Yang Terbaik
Sepeti yang telah saya bahas sebelumnya, ada dua merk raksasa, yaitu Intel dan AMD. Secara head to head antara Intel dan AMD, maka Intel lah yang lebih maju dalam teknologinya. Tak ayal jika processor terbaik di pasaran adalah salah satu dari jajaran processor High-End Intel. Sedang untuk kelas menengah, kedua produsen tersebut saling unjuk gigi.

Intel Core i7 3960X Extreme Edition, Processor Terbaik Saat Ini
Intel Core i7 3960X Extreme Edition


















Untuk saat ini (2011) processor terbaik yang ada di pasaran adalah Intel Core i7 3960X EE. Menyuguhkan 6 core dengan kecepatan 3.3GHz dan teknologi Turbo yang memungkinkan sebuah core mencapai kecepatan hingga 3.9GHz. Serta menawarkan teknologi Hyper-Threading dengan jumlah thread mencapai 12, membawa dunia multirasking ke tingkat yang lebih tinggi.  Juga fitur Smart Cache hingga 15MB. Bisa dibilang inilah processor monster. Jika anda benar-benar menginginkan processor terbaik dan uang bukanlah kendala, maka belilah Intel Core i7 3960X EE. Processor ini dibanderol $1050. Sangat mahal bukan.










Nah, pertanyaan tentang manakah processor terbaik, terjawab sudah. Walaupun hadir dengan harga yang bisa mencekik leher, processor Intel Core i7 3960X EE menawarkan kecepatan proses tertinggi saat ini, yang kecepatanya bisa disandingkan dengan super komputer yang baru-baru saja lewat. 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib