Post Page Advertisement [Top]


Pernahkah anda merasa kalau volume speaker anda kurang keras? Padahal volume sudah disetel mentok (MAX) tapi kok kurang kenceng. Volume di control panel juga sudah disetel 100%. Apa yang salah ya? Sebelum anda memutuskan untuk membeli speaker aktif yang baru, lebih baik anda mengikuti tutorial berikut. Yuuuk!!!!!!!!

Lirihnya suara yang dikeluarkan oleh speaker ketika kita memutar musik atau film disebabkan oleh beberapa hal.

  1. File musik yang anda putar berkualitas rendah - Umumnya file MP3 memiliki bitrate 128kb/s. Dan apa bila kurang dari angka tersebut maka kualitas suara yang ditimbulkan ketika diputar di player akan terasa jelek atau lirih. Ada baiknya anda memilih file MP3 dengan bitrate minimal 128kb/s atau yang lebih besar dari itu. 
  2. Speaker aktif sudah mulai loyo - Umumnya kalau kita ingin mengencangkan volume suara maka kita akan mengacu pada volume mixer di komputer atau volume pada speaker. Tapi ketika semua sudah max, namun suara yang keluar tetap lirih, kurang kencang. Mungkin anda harus menabung untuk membeli speaker yang baru. Hiks.

Kalau anda masih sayang dengan speaker yang lama. Atau mau beli yang baru, tapi uang belum kumpul. Nah, saya akan kasih tricknya. Langsung saja:

1. Buka Control Panel (pencet tombol windows + R, ketik control)


2. Pilih Sound

3. Pada jendela Sound. Pilihlah perangkat playback yang aktif, dengan double click.

4. Nanti akan muncul jendela Speaker Properties. Klik pada tab "Enhancements", lalu klik "Loudness Equalization". 

5. Jangan lupa klik "OK" ya.
Langsung saja kita coba dengan memutar musik atau putar video di Youtube.

Sebenarnya fungsi utama dari "Loudness Equalization" bukanlah untuk boosting speaker menjadi lebih keras. Akan tetapi fungsinya adalah untuk menyeimbangkan level audio, sehingga suara yang terlalu keras dan suara yang terlalu lirih menjadi seimbang. Dengan kata lain, fitur ini melirihkan audio yang terlalu keras, dan juga mengeraskan audio yang terlalu lirih. Sehingga membuat telinga kita nyaman.

Bagaimana mudah bukan. Kalau belum paham bisa lihat pada video di bawah ini.



No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib