Post Page Advertisement [Top]

Dewasa ini, semakin banyaknya game yang dirilis untuk smartphone. Dari yang game simple dengan grapik yang ala kadarnya, sampai dengan game yang rumit dengan grapik yang memukau. Hal ini membuat produsen smartphone berlomba untuk menciptakan smartphone dengan hardware yang lebih kuat. Dengan tujuan agar pengguna smartphone dapat memainkan game dengan lancar.


Lalu seperti apakah smartphone yang cocok untuk gaming?

Tentu saja kita harus punya acuan dalam menentukan smartphone yang cocok untuk gaming sebelum kita membelinya. Prosesor, RAM, dan baterai, adalah sebagian komponen yang tak boleh luput dari acuan. Berikut ulasannya.


Ingat ya boss, yang saya tekankan disini ada 3 faktor utama yang dijadikan acuan dalam memilih smartphone untuk gaming.



1. Prosesor

Prosesor adalah komponen terpenting pada smartphone Android. Karena keberadaan prosesor itulah yang membuat HP menjadi sebuah smartphone. Ada banyak jenis prosesor yang muncul di pasaran. Sebagian produsen smartphone mengembangkan prosesor untuk smartphone mereka sendiri, seperti IPhone, Huawei dan Samsung. Sedangkan merk lain, seperti Lenovo, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, dan ZTE menggunakan prosesor third-party.



Beberapa nama prosesor yang terkenal saat ini adalah Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, Mediatek, Intel Atom dan Core M, Nvidia Tegra, HiSilicon. Semuanya menawarkan keunggulan produk mereka masing-masing. Tentu saja hal ini membuat kita sebagai konsumen menjadi kebingungan. Lantaran akan banyaknya jenis prosesor yang hadir di pasar.

Tapi untuk saat ini, Qualcomm Snapdragon-lah yang paling populer lantaran prosesor yang mereka buat hadir di berbagai smartphone dan tablet, terkecuali untuk IPhone. Dan juga handal dalam multitasking dan kerja berat. Sehingga prosesor ini sangat cocok untuk gaming. Dengan dukungan dari Adreno grafis semakin memantabkan kinerja prosesor ini.



Meskipun Snapdragon 865 dan Snapdragon 855 menjadi prosesor smartphone high-end di tahun 2020. Akan tetapi peran Snapdragon 845 masih menjadi andalan untuk smartphone mid-end. Mengingat Snapdragon 845 masih menjadi salah satu prosesor tercanggih untuk smartphone Android. Jika anda memutuskan untuk membeli smartphone Android dengan prosesor Snapdragon 845, anda tidak perlu khawatir. Sebab prosesor ini memiliki performa yang fantastis dan anda masih bisa menggunakannya untuk gaming hingga beberapa tahun ke depan.

2. GPU
Ketika prosesor bertugas melakukan komputasi. Maka GPU betugas melakukan rendering visual yang ditampilkan ke layar smartphone.


Tidak seperti komputer desktop yang memiliki hardware terpisah untuk prosesor dan GPU. Di mana keduanya bisa kita upgrade untuk menyesuaikan kebutuhan kita. Di dalam smartphone, GPU telah tergabung dengan prosesor dalam satu chip atau biasa disebut SOC. System On Chip (disingkat SOC) adalah sebuah chip yang telah terintegrasi dengan semua komponen yang diperlukan untuk komputerisasi, seperti prosesor, GPU, dan memory.


Karena prosesor dan GPU terintegrasi dalam satu chip. Maka ketika kita memilih GPU, secara tidak langsung kita juga memilih prosesor. Karna keduanya tergabung dalam satu chip. Di tahun 2020 ini, GPU yang paling laris manis dan banyak digunakan adalah Qualcomm Adreno 630. Bisa dikatakan GPU ini memiliki performa yang makyus (fantastis). GPU ini mampu menuntaskan akan kebutuhan grafis yang tinggi, termasuk gaming.








3. Battery
Kapasitas battery sangatlah penting, terlebih jika kita gunakan untuk gaming. Seperti yang kita ketahui, battery akan cepat terkuras jika kita gunakan untuk bermain game. Maka dari itu, memilih battery dengan kapasitas yang besar bisa dikatakan wajib untuk para gamer mania. Jujur saja, saya sendiri paling tidak bisa santai kalau main game. Pasti sesekali mengintip notifikasi hanya untuk melihat kapasitas battery yang tersisa. Takutnya lagi enak-enak main, tiba-tiba battery low. Nah, untuk gaming sendiri saya baru nyaman dengan kapasitas battery sebesar 4,200mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, saya bisa berlama-lama bermain game hingga 4-5 jam. Tergantung judul game dan settingnya. 

Fitur lain yang tidak boleh kita kesampingkan adalah fitur QuickCharge. Fitur ini bisa memangkas waktu charging.

4. Memory (RAM)
Faktor terakhir yang tak kalah penting adalah kapasitas RAM. Umumnya sih semakin besar kapasitas RAM pada smartphone, maka semakin bagus pula kinerja smartphone tersebut. Ya, emang benar begitu. 


Untuk game sekelas PUBG sendiri walaupun masih bisa dimainkan dengan RAM hanya 2GB saja. Tapi ya jangan harap bisa main dengan lancar tanpa halangan. Belum lagi kedepannya pasti ada pembaruan atau update. Dan ujung-ujungnya pasti minta jatah RAM yang lebih banyak Jadi untuk tahun 2020 ini, RAM 2GB tidak recommended untuk gaming ya boss.

Nah, untuk menghindari pengalaman buruk saat ber-gaming ria. Maka memilih RAM dengan kapasitas minimal 4GB hukumnya wajib, hehehe. Untuk game PUBG sendiri bisa dimainkan dengan lancar dengan RAM 4GB. Syukur-syukur kalo anda bisa mengucurkan dana lebih untuk smartphone dengan kapasitas RAM 8GB. Kenapa 8GB?

Sebenarnya untuk saat ini, penggunaan RAM 4GB sudah lebih dari cukup. Apalagi jika tidak digunakan untuk gaming. Hanya saja memilih RAM 8GB itu semacam investasi untuk beberapa tahun kedepan. Dengan RAM 8GB, anda setidaknya bisa tenang menikmati game tanpa khawatir adanya kendala sampai 2 atau 3 tahun kedepan. Tapi sekali lagi tidak wajib ya boss. 

Beberapa Model Smartphone Gaming versi BetahNgenet: 


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib