Post Page Advertisement [Top]

Dewasa ini ada ribuan jenis smartphone yang beredar di pasaran. Dengan beragam fitur dan spek yang berbeda-beda. Belum lagi ada puluhan produsen smartphone. Tentu saja hal ini membuat kita sebagai konsumen menjadi kebingungan untuk menjatuhkan pilihan kita. 

Lalu manakah smartphone yang bagus untuk kita?
Jawaban singkatnya flagship smartphone.


Apa itu flagship smartphone? Flagship smartphone adalah produk smartphone unggulan yang ditawarkan oleh tiap-tiap produsen smartphone yang memiliki spesifikasi tertinggi dan fitur-fitur baru yang tidak dijumpai di smartphone seri sebelumnya. Singkat kata, Flagship smartphone adalah produk unggulan terbaru, tercanggih, dan termahal. Contoh, iPhone 11 Pro dari Apple, Galaxy Note10 Plus dari Samsung, dan seterusnya. Masing-masing produsen memiliki versi flagship smartphone-nya sendiri-sendiri. Sudah tentu ada perbedaan baik dari segi spek maupun fitur . 

Jangan buru-buru guys. Karena digadang-gadang sebagai smartphone unggulan dengan kualitas dan performa yang terbaik. Tentunya flagship smartphone dijual dengan harga yang fantastis. Artinya anda harus menyiapkan dana sekaligus mental untuk membelinya. Jika uang bukanlah masalah. Mungkin membeli smartphone tersebut cocok untuk anda. Karena sudah pasti anda mendapat smartphone terbaik yang bisa memenuhi segala kebutuhan anda. Entah untuk gaming, photography, multitasking dan lain-lain.

Nah, untuk konsumen seperti saya yang memegang teguh falsafah 3Y (Yang murah, Yang bagus, Yang Awet). Tentunya smartphone tersebut sangat tidak cocok untuk saya. Di samping harganya yang selangit. Belum tentu saya bisa memaksimalkan penggunaan smartphone tersebut.

Beberapa Alasan Konsumen Memilih Smartphone
Faktor apa yang mempengaruhi kita untuk memilih smartphone? Tentu saja tiap-tiap individu mempunyai jawaban yang berbeda. Ada beberapa faktor yang umum kita ketahui. Di antaranya :
  1. Kamera
  2. Layar
  3. RAM
  4. Brand
  5. Harga
Kamera
Keberadaan kamera menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi smartphone. Ini terbukti dengan banyaknya antusias konsumen yang membeli smartphone karena kualitas kamera yang disandingkannya. Hal ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para produsen smartphone untuk mempercanggih kameranya dengan menambahkan fitur-fitur baru agar dapat memenangkan persaingan. 

Layar
Ukuran layar menjadi salah satu faktor pemikat. Banyak pengguna yang memilih smartphone dengan ukuran layar yang lebar. Sebutlah 6-inch, tentu saja layar selebar itu dapat menampung lebih banyak tampilan. Layar menjadi terasa lebih longgar. Bermain game pun lebih mengasyikan. Yang pasti anda tidak terlalu sering salah ketik, karna jarak antar huruf pada keyboard menjadi lebih lebar. 

RAM
Seiring berkembangnya smartphone, semakin canggih pula spesifikasi yang ditawarkan. Salah satunya adalah kapasitas RAM. Ada asumsi yang beredar, bahwa semakin besar RAM pada smartphone, maka semakin bagus pula kinerjanya. Anggapan itu benar adanya. Kapasitas RAM sangat berpengaruh terhadap kelancaran kinerja smartphone. 

Istilah RAM sendiri sudah mulai populer di kalangan pengguna smartphone awam. Dibanding dengan komponen lain yang memerlukan kajian lebih lanjut seperti prosesor atau GPU. Dan ini menjadi salah satu patokan konsumen membeli smartphone.


Brand
Banyak produsen smartphone adalah pemain lama. Mereka telah memasuki arena sebelum smartphone meroket seperti Samsung, Nokia, LG. Namun banyak juga produsen baru yang ikut meramaikan pasar smartphone. Tapi jangan salah. Di antara pemain baru tersebut ada sebagian yang mampu melejit dan bersaing ketat dengan perusahaan lama. Sebut saja, Huawei, Apple, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Lenovo.

Di Indonesia sendiri, merk Samsung masih menjadi top brand. Sedangkan posisi kedua dihuni oleh Xiaomi. Oppo di tempat ketiga. Vivo di tempat keempat. Dan Realme menduduki posisi kelima.

Harga
Mungkin inilah faktor yang terpenting yang menentukan arah kita dalam memilih smartphone. Adakah kita pernah memimpikan untuk meminang sebuah smartphone high-end? Namun impian itu harus kandas kerana terhalang oleh harga yang sangat tidak cocok dengan isi dompet kita. Kalau jawaban anda "Iya", berarti kita senasib guys.


Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan Kita
Membeli smartphone yang mahal bukanlah tolak ukur dalam memilih sebuah smartphone. Belum tentu yang mahal itu cocok dengan kita. Ada faktor yang lebih penting lagi. Yakni membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita dan dana kita. 


Ada beberapa kasus yang saya jumpai. Di mana ada sebagian konsumen yang membeli smartphone high-end. Namun mereka tak bisa memaksimalkan, atau menggunakan seluruh fitur yang dihadirkan oleh smartphone mahal tersebut. Tentu saja ini salah satu bentuk pemborosan. Kenapa harus beli yang mahal jika penggunaannya sama seperti smartphone yang murah? Nah, dari sini saya harap anda sekalian bisa memahami. Bahwa yang mahal itu belum tentu yang terbaik untuk kita. 


Lantas bagaimana menentukan smartphone yang terbaik untuk kita? Seperti yang telah saya sebutkan di atas, yaitu sesuai dengan kebutuhan kita. Tiap-tiap orang mempunyai minat, pekerjaan, dan hobby yang berbeda. Praktis, kebutuhan mereka juga berbeda. Termasuk untuk urusan smartphone.


1. Pegiat Sosmed
Beberapa konsumen hanya menggunakan smartphone sebagai alat untuk komunikasi, akses jaringan sosial media dan streaming YouTube. Pengguna tipe ini tidak memerlukan smartphone dengan spek tinggi. Smartphone entry-level sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Jika anda termasuk dalam kategori ini. Saran saya, anda tidak perlu mengeluarkan dana besar. Carilah smartphone dengan harga mulai dari 900.000, maksimal 2.000.000.
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 425
RAM : 2GB (recommended)

ROM : 8GB (minimal)
External : 8GB (recommended)

2. Gamer
Pengguna tipe ini membutuhkan hardware yang lebih tinggi dibanding dengan tipe "Pegiat Sosmed". Karena game termasuk aplikasi berat yang membutuhkan resource yang tinggi. Game juga menguras daya dengan cepat. Maka dibutuhkan juga baterai dengan kapasitas yang besar. Bagi anda yang gemar dengan game bergenre MMO RPG. Anda akan membutuhkan kestabilan jaringan internet. Itu artinya penggunaan 4G network adalah kewajiban minimal yang harus terpenuhi. Tapi juga perlu dukungan dari penyedia layanan internet yang bagus pula. Pilihlah kartu yang mendukung 4G network. Beberapa komponen penting untuk smartphone gaming di antaranya, prosesor, RAM, GPU, dan baterai.
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 845
RAM : 4GB (minimal)
ROM : 32GB (minimal)
Baterai : 4,000mAh (recommended)
Layar : 6-inch atau yang lebih lebar (recommended)


3. Selfie Holic / Photography Enthusiast 
Ada beberapa pengguna yang mengutamakan kualitas kamera di atas fitur lainnya. Berbeda dengan tipe "Gamer", pengguna tipe ini tidak memerlukan spek yang tinggi. Kamera dengan resolusi yang tinggi menjadi kebutuhan mutlak. Namun untuk urusan selfie, mengandalkan kamera yang bagus tidaklah cukup. Anda harus menopangnya dengan aplikasi yang bagus pula. Umumnya aplikasi tersebut menawarkan beragam fitur seperti, effect, filter, animasi, face detection, sticker, photo editor dan lain-lain.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran layar dan kapasitas penyimpanan. Layar dengan ukuran 6.0-inch sangat membantu bagi anda dalam mengambil foto atau video. Dan memudahkan anda ketika melakukan editing. Terakhir adalah kapasitas penyimpanan haruslah memadai. Karena foto dan video yang beresolusi tinggi membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Pilihlah internal storage minimal 32GB dan tambahkan external storage sebagai ruang penyimpanan utama.
RAM : 2GB (minimal)
ROM : 16GB (minimal)
External : 16GB (minimal)
Layar : 6.0-inch (recommended)

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib