Post Page Advertisement [Top]


Curhat sedikit boss. Ada seorang teman bertanya kepada saya. "Apakah smartphone dengan RAM 2 Giga sudah cukup bagus?" 

Tanpa berpikir panjang, langsung saja saya jawab, "Bagus." Jawaban singkat yang membuat teman saya sumpringah. Dan 2 hari kemudian, dia datang sembari membawa HP barunya. Sudah bisa ditebak, RAM-nya 2GB.

Di tahun 2019 ini, memiliki smartphone dengan kapasitas RAM 2GB sebenarnya sudah cukup. Tapi semua itu tergantung kegunaan dan budget. Jika hanya untuk sekedar mengakses aplikasi dasar seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Google Maps, Gojek, dan game-game ringan, maka RAM segitu sudah cukup.

Tapi jika kita hendak menggunakannya untuk kerja berat, seperti game-game dengan grafis yang tinggi. Maka RAM 2GB sepertinya kurang.




Kenapa:

1. Smartphone keluaran terbaru dengan OS Android terkini, setidaknya memakan jatah RAM 1GB untuk operasionalnya, atau bahkan lebih. Fungsi seperti, location, calendar, clock, sync, Dan masih banyak lagi, yang berjalan seketika smartphone kita nyalakan. Maka akan tersisa RAM 1GB saja, atau bahkan kurang dari itu. 

2. Mengingat ukuran aplikasi sekarang bertambah besar ditambah dengan aplikasi bawaan smartphone (bundled). Sudah tentu akan menambah penggunaan RAM. Ini kabar buruk jika anda berniat untuk mendownload aplikasi atau game yang berat.

3. Semakin sedikit RAM yang tersisa maka kinerja prosesor semakin tidak optimal. Karena prosesor hanya bisa mengakses file yang tersimpan di RAM. Sebaliknya, jika semakin banyak ruang yang tersisa pada RAM, maka kinerja prosesor semakin efisien. Hasilnya, smartphone anda bisa menjalankan perintah dengan cepat.

Keadaan sedikit berbeda jika anda pengguna iOS. OS bawaan IPhone ini sanggup mengoptimalkan penggunaan RAM. Sehingga walaupun IPhone anda hanya memiliki RAM 2GB saja, itu sudah lebih dari cukup. Bahkan iOS mampu berjalan dengan mulus walau hanya dengan RAM 1GB. Mantab....

Lantas seberapa besar RAM yang kita butuhkan?

Umumnya, semakin besar kapasitas RAM, semakin efisien kinerja prosesor. Semakin efisien prosesor bekerja, maka smartphone akan terasa lebih cepat. Sebab prosesor tidak dapat mengakses file langsung dari memori. File terlebih dahulu harus masuk ke RAM sebelum diolah oleh prosesor. 

Smartphone dengan kapasitas RAM yang besar dapat bekerja lebih cepat dibandingkan dengan smartphone yang memiliki RAM yang kecil. Karena pada faktanya, ada banyak file yang harus dimuat di dalam RAM setiap saat. Ini akan sangat terasa jika kita melakukan multitasking. Saat Anda membuka banyak aplikasi, dan anda harus bolak-balik dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Dan berharap aplikasi tersebut tidak loading lagi.

Tapi jika anda terlanjur membeli smartphone dengan kapasitas RAM sebesar 2GB dan anda bukanlah gamer mania. Maka tenang saja. Anda masih bisa menggunakan smartphone anda sampai beberapa tahun ke depan tanpa kendala yang berarti. Ikuti tips dibawah ini.

1. Sering-seringlah membersihkan cache memori.

2. Hapus aplikasi bawaan yang tidak penting.

3. Hapus aplikasi yang jarang dipakai. 
Salah satu sebab melambatnya kinerja smartphone adalah menumpuknya aplikasi. Padahal kalau kita mau selektif, tidak semua aplikasi tersebut kita pakai. Tak jarang kita memiliki 2 aplikasi yang pada dasarnya sama. Sebut saja Facebook dan Facebook Lite, keduanya adalah aplikasi dengan fungsi yang sama, dengan sedikit pengurangan fitur untuk versi Lite. Contoh lain, Google Photos, Gallery, Picture Viewer, Image Viewer, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama. Maka ada baiknya jika kita cukup menggunakan satu saja. Karena walaupun tak semua aplikasi tersebut kita jalankan, akan tetap meminta jatah RAM dan juga memenuhi memori. 

4. Gunakan satu browser saja. Jika sudah punya Chrome, maka hapus saja browser yang lain, seperti UCBrowser, Opera, dll.

5. Gunakan aplikasi versi "Lite" saja. Seperti Facebook Lite, YouTube Go, dll. Karena aplikasi versi Lite tidak memakan banyak RAM dan penyimpanan. Di sisi lain, aplikasi versi Lite lebih hemat kuota.

6. Root. Bagi pengguna Android, anda bisa melakukan rooting pada smartphone anda. Dengan begitu anda memiliki kontrol penuh terhadap smartphone anda. Dimana anda bisa menghapus aplikasi bawaan atau aplikasi sistem yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Untuk anda yang masih awam, saya tidak merekomendasikan langkah ini. Sebab melakukan rooting akan menghapus semua data yang ada pada memori internal. Dan ada kemungkinan terjadi kerusakan sistem jika kita salah dalam menghapus system service. 

Sudah segitu saja tips dari saya. Jangan lupa, jika anda punya tips yang lebih baik, tulis saja di komentar.

PESAN:
"Jangan berlebihan dalam membeli smartphone. Tiap bulan selalu ada smartphone baru dengan fitur yang baru pula. Jika anda beli smartphone sekarang, 2 atau 3 bulan kedepan smartphone anda sudah bisa dikatakan ketinggalan. So santai aja boss."

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib