Post Page Advertisement [Top]

Berikut adalah daftar software-software gratis yang sebaiknya anda install di client warnet anda. Sebagian adalah software alternatif dari software terkenal yang berbayar. Tidak semua software berikut ini harus di-install. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dan kemampuan PC anda.

Internet Browsers, Plugins, Chat & Messaging
  1. Google Chrome, Browser tercepat saat ini dengan design yang minimalis, mudah digunakan dan aman.
  2. Mozilla Firefox, Browser pentolan dengan segudang fitur yang customizable, cepat dan lebih aman. 
  3. Safari, Browser terbaik di Mac OS yang didatangkan sebagai browser alternatif yang elegan juga nyaman.
  4. Opera, Browser yang menyuguhkan fitur yang komplit, pop-up blocking, IRC Chat dan RSS Newsfeeds. Dengan tampilan yang dapat diubah sesuai selera anda.
  5. Internet Explorer 8 for XP, atau Internet Explorer 9 for Windows 7, Browser terpopuler bawaan Microsoft.
  6. Adobe Air, Plugin yang anda perlukan untuk menjalankan aplikasi web favorit anda kapan saja.
  7. Adobe Flash Player (IE) dan Adobe Flash Player (Non-IE), plugin yang wajib anda install memungkinkan anda untuk menikmati beragam multimedia, seperti Flash Video, dynamic effects, dll.
  8. Java Runtime Environment, Java memungkinan anda untuk menjalankan aplikasi yang biasa disebut "applets" yang ditulis dalam bahasa program Java. 
  9. Shockware Player, Plugin standar untuk memutar multimedia seperti web games, 3D games, entertainment dan advertisements di browser anda.
  10. Silverlight, Plugin bawaan Microsoft untuk menampilkan animasi, vector graphics dan audio-video playback.
  11. Yahoo! Messenger, Messenger yang sudah cukup lama bermain dalam dunia Instant Messaging. Dengan messenger ini anda bisa mengirim sms, voice-call, PC to PC calls dan PC to phone calls. Anda juga dapat memutar video dari web dan photo.
  12. Skype, adalah software yang dirancang untuk melakukan panggilan ke komputer atau telephone. Dengan suara jernih dan keamanan tinggi.
  13. Camfrog Video Chat, memungkinkan anda untuk bergabung dalam room video chat dimana anda bisa melihat, mendengar dan mengobrol dengan banyak orang secara bersamaan.
Video & Audio
  1. Winamp, sebenarnya ada banyak pemutar audio gratis seperti AIMP yang lebih ringan. Akan tetapi kebanyakan user lebih familiar dengan Winamp yang sudah bergelut dari jaman bahula.
  2. QuickTime Lite, versi ringan dari QuickTime yang memuat component terpenting saja untuk memutar konten-konten QuickTime yang tersebar di halaman web.
  3. RealPlayer, fungsi utamanya adalah untuk memutar file RA dan RAM. Tetapi belakangan ini RealPlayer sudah tersisip fitur baru yang memungkinkan anda untuk mendownload video dari web, seperti Youtube dan lain sebagainya.(Recommended)
  4. K-Lite Mega Codec Pack, kumpulan berbagai macam audio dan video codecs yang dapat memutar hampir semua audio dan video format.
  5. FLV Player, sebenarnya player ini bisa dibilang tidak perlu karena sudah ada program diatas yang dapat memutar hampir semua format. Hanya saja kadang codec bawaan K-lite Mega Codec Pack kurang sempurna untuk memutar file FLV, sehingga perlu mengambil codec dari player lain untuk menutupi kekurangannya.
Office
  1. Adobe Reader, Software dari Adobe untuk menampilkan file PDF, bisa langsung dari browser.
  2. Foxit Reader, Jika dirasa Adobe Reader terlalu besar ukuranya dan besar pula resource yang dibutuhkan sehingga melambatkan kinerja PC, maka Foxit Reader adalah jawabanya. Software alternatif untuk Adobe Reader.
  3. OpenOffice.org, Mengetik document, worksheet, presentasi. Software gratis pengganti Microsoft Office yang mampu membuka dan mengedit file-file dari Microsoft Office itu sendiri, DOC, XLS, dll.
  4. LibreOffice, Kalau ini adalah software alternatif untuk OpenOffice. Fungsinya sama. Tidak perlu diinstal dua-duanya, cukup satu saja.
Photos & Images
  1. Google Earth, Software dari Google yang bisa membawa anda terbang ke angkasa mengitari bumi, melihat tempat-tempat di bumi dari atas, layaknya satellite.
  2. Picasa, Software yang membantu anda mencari dan menemukan semua photo yang ada di komputer anda dengan cepat, sekaligus mengelompokanya berdasarkan tanggal dan nama foldernya sekaligus. Sangat mudah digunakan, dengan fitur drag and drop-nya anda dapat mengatur photo anda sesuai keinginan anda. Picasa juga menjadi Photo viewer pengganti Windows Photo and Fax Viewer bawaan Windows yang kurang menarik. 
  3. PhotoScape, Software photo editor serba guna. Fungsi utamanya adalah: viewer, editor, batch editor, page, combine, animated GIF, print, splitter, screen capture, color picker, rename, raw converter, resizing, dan masih banyak fungsi lainya. Sangat cocok untuk anda yang menyukai photo editing, tapi membenci Photoshop.
  4. Lightbox, Software Image Editor pengganti Photoshop. Walaupun pada kenyataanya software ini jauh dari apa yang ditawarkan oleh Photoshop. Setidaknya software ini gratis.
Security & Anti-Virus
  1. Avast! Free Antivirus, Anti-virus yang digadang-gadang sebagai anti-virus gratis terbaik yang ada di pasaran. 
  2. Avira AntiVirus Personal, Anti-virus alternatif yang sudah cukup populer dengan suara bipnya yang sangat mengganggu ketika menemukan sebuah virus. Apalagi kalau ditemukan lebih dari satu virus, maka bunyinya benar-benar mengganggu. Walaupun begitu, Avira merupakan anti-virus yang handal. Cukup install satu anti-virus saja, jangan dua-duanya.
  3. Comodo Internet Security, Firewall untuk PC anda. Mengamankan anda dalam berinternet. Bagi anda yang membutuhkan keamanan yang maksimum, maka anda memerlukan software yang satu ini. Sayangnya software ini juga membutuhkan resource yang tidak sedikit, apalagi sudah ada anti-virus. 
  4. KeyScrambler, Software unik yang berfungsi untuk mengacak input keyboard sehingga walaupun di komputer tersebut telah terpasang sebuah keylogger, maka data yang tercatat oleh keylogger tersebut tak lebih dari input yang sudah teracak, bukan input data yang sebenarnya. (Recommended)
  5. WinRemotePC Lite, Kalau ini software remote, fungsinya untuk meremote sebuah PC. Memang ada banyak software remote seperti ini, hanya saja WinRemotePC Lite benar-benar free dan tak hanya remote desktop saja, tetapi bisa untuk meremote console/telnet, remote files, dan remote process explorer yang sangat membantu anda untuk melihat semua process dan program yang berjalan di background. (Recommended)
  6. Returnil System Safe Free, Software alternatif untuk Deep Freeze yang berbayar. Fungsinya tak hanya untuk virtualisasi (seperti Deep Freeze) tetapi juga sebagai anti-malware, anti-spyware dan juga system restore. 
Utility
  1. CCleaner, Software satu ini cukup berguna untuk menghapus data-data yang sudah tidak diperlukan seperti file yang ada di recycle bin, cache, cookies, history dari browser dan sebagainya. Juga dapat menghapus registry yang sudah tidak dipakai lagi, biasanya tertinggal dari program-program yang telah di-uninstall. Mengatur start-up, add/remove programs, dsb.
  2. 7-Zip, Fungsinya untuk mengompres file dan dekompres file kompresi. (Bingung-bingung dah). Sekaligus alternatif untuk Winrar.
  3. Fences, Software ini bisa dibilang tidak perlu diinstall. Hanya saja kalau anda ingin mempercantik tampilan desktop anda, maka Fences bisa membantu anda mengelompokan icon-icon di desktop dan mengumpulkanya di dalam frame sehingga terlihat rapi. 
Drivers
  1. .NET Framework 1.1, Adalah komponen yang anda butuhkan untuk menjalankan aplikasi yang dikembangkan dengan .NET Framework. Banyak sekali software baru yang membutuhkan komponen ini, maka sebaiknya anda install.
  2. .NET Framework 3.5 SP1 (Full Package), Adalah kumpulan update dari .NET Framework 2.0, 3.0, 3.5 dan .NET Framework 2.0 SP2, 3.0 SP2. Harap di-install juga, sebab tiap-tiap software kadang membutuhkan versi yang berbeda.
  3. .NET Framework 4, Versi terbaru yang juga harus di-install. 
  4. DirectX 9.0c (Jun 10), Adalah aplikasi yang digunakan oleh komputer berbasis windows untuk memaksimalkan kinerja akselerasi VGA. Tak hanya digunakan dalam game, tetapi juga untuk multimedia lain seperti video, animasi 3D, grafik full-color dan rich audio. Ini juga harus di-install.

Saya rasa daftar ini sudah bisa dibilang cukup. Kalaupun ada kekurangan maka nanti saya update lagi daftarnya.

Source :

  1. FileHippo
  2. Download CNET

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib